PT HARFAM JAYA MAKMUR, SOLUSI KEBUTUHAN KAYU ANDA

Kebutuhan dunia akan kayu yang terus meningkat, baik untuk pasar global maupun Indonesia, ternyata tidak mampu diimbangi dengan produksi kayu. Hal ini disebabkan perkembangan populasi dunia yang terus naik sementara pada saat bersamaan terjadi proses penyempitan hutan.

Penerapan bioteknologi untuk menghasilkan jenis kayu keras yang cepat tumbuh dan mengeluarkan hasil dalam tempo 5–15 tahun, akan meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bagi industri perkayuan tanpa mengesampingkan manfaatnya untuk pelestarian kawasan hutan tropika yang terus-menerus mengalami kerusakan.

Salah satu keberhasilan dari penerapan bioteknologi tersebut adalah JATI EMAS (FGGT = Fast Growth Golden Teak). Jati Emas memiliki keunggulan antara lain daya tumbuhnya cepat, tingkat kelurusannya yang tinggi, juga warna kuning keemasan dengan seratnya yang lurus, sangat disukai konsumen luar negeri.

Selain itu sistem regenerasi pada tanaman Jati Emas sangat baik, artinya penanaman bibit Jati Emas cukup dilaksanakan satu kali dalam satu areal penanaman. Hal ini disebabkan pada saat pohon Jati Emas ditebang akan muncul tunas-tunas baru pada sisa tebangan. Pohon Jati Emas yang tumbuh pada generasi kedua akan jauh lebih baik dan lebih cepat pertumbuhannya karena sistem perakaran yang dimiliki sudah sangat kuat dan baik. Dengan demikian pembelian atau penanaman bibit hanya dilakukan sekali untuk berkali-kali penebangan atau panen.

Sejak awal tahun 2002 dan awal tahun 2003, PT Harfam Jaya Makmur telah menanam sebanyak 28.300 pohon di areal lahan 30 Ha dari total lahan 50 Ha PT Harfam Jaya Makmur. Konsep pemilihan lahan yang dilakukan, selain melihat dari sisi persyaratan yang harus dimiliki oleh lahan tersebut juga melihat aspek ekonomis dan keamanan suatu proyek. Setelah mengadakan survey selama kurang lebih 2 tahun, PT Harfam Jaya Makmur menyimpulkan Bondowoso sebagai daerah yang tepat untuk itu.

Lahan yang semula adalah lahan “tidur” (kurang didayagunakan) diubah menjadi areal penanaman Jati Emas sehingga bernilai ekonomis tinggi. Mengingat daerah Bondowoso termasuk daerah “minus” di Jawa Timur (daerah yang pendapatan daerah/pendapatan per kapita penduduknya di bawah rata-rata daerah lain di Jawa Timur), menjadikan PT Harfam Jaya Makmur mendapat sambutan sangat positif baik dari pemerintahan maupun penduduk setempat.

Dari data-data penunjang beserta analisa di atas maka dapat disimpulkan bahwa proyek pembudidayaan Jati Emas ini sangat layak untuk dikembangkan, mengacu pada :

1. Keuntungan yang diperoleh sangat tinggi.

Dengan perbandingan jumlah modal dan waktu investasi yang sama menghasilkan keuntungan 5,4 kali lebih besar daripada investasi pada deposito.

2. Pengalaman PT Harfam Jaya Makmur selama lebih dari 4 tahun terakhir dalam menjalankan proyek ini.

3. Dampak positif pada daerah tersebut , baik dalam menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan devisa daerah, maupun dampak positif hutan sebagai pencegah banjir, penyedia oksigen, dsb.

4. Dukungan oleh Bupati Bondowoso, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Bondowoso, maupun Fakultas Pertanian Universitas Bondowoso kepada PT Harfam Jaya Makmur selaku unit usaha pembudidayaan Jati Emas di Kabupaten Bondowoso.

Informasi lebih detail silakan kunjungi website:http//www.harfam.co.id

Kolom Bawahnya: Yayasan Al Madinah Mengucapkan Terima Kasih Sebesar-besarnya kepada Bapak Muhammad Alkaff, Direktur Utama PT Harfam Jaya Makmur, yang Telah Menghibahkan 60 %

Comments :

0 komentar to “PT HARFAM JAYA MAKMUR, SOLUSI KEBUTUHAN KAYU ANDA”

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda akan sangat membantu kami dalam mengembangkan web blog ini. Terimakasih

 

koleksi

koleksi

Redaksi

Ketua Pengarah: M. Arif Junaidi. Penanggungjawab: Syarif Thayib (Ketua Yayasan Al Madinah).
­Redaktur Ahli: dr. Muhammad Thohir, Sp.Kj., Ahmad Faiz Zainuddin, S.Psi, Masuki M. Astro, Siti Raudlatul Jannah, S.Ag . Pemimpin Umum: Izzuddin Al Anshary. Pemimpin Redaksi: M. Syafiq Syeirozi. Redaktur Pelaksana: A. Suud Fuadi. Dewan Redaksi: Helmi Jauhari, A. Fathul Hudi. Distributor: Syafi’uddin. Kontributor Edisi ini: Aura Azzahra. Desain/Layout: Abd. Rokhman
Alamat Redaksi: Grha Aitam, Jl. Bratang Binangun IX/25-27 Surabaya. Telepon/Faksimile: (031) 5019424 / 5022212. ­E-Mail: redaksimadinah@yahoo.com. Web Blog: majalah-madinah.blogspot.com