Maestro Menjawab

Rubrik konsultasi psikologi ini terbuka bagi umum.
Setiap pertanyaan akan
dijawab langsung oleh
Maestro SEFT, Ahmad Faiz Zainuddin.


Kirim pertanyaan Anda ke e-mail:
redaksimadinah@yahoo.com dengan subyek
“Maestro Menjawab” atau surat ke alamat redaksi.




Assalamualaikum…
Adik saya gadis berusia 21 tahun. Ia kuliah di sebuah universitas swasta di Surabaya dan sedang menghadapi problem personal yang cukup berat. Ia merasa seperti mengalami ketergantungan yang luar biasa kepada seorang teman pria, rekan SMA-nya dulu. Menurut penuturan adik, kerap sekali muncul dorongan secara tiba-tiba di dalam dirinya untuk menemui cowok itu, kapan pun dan di mana pun. Adik saya seolah kehilangan kekuatan untuk menepis dorongan “bawah sadar” itu. Dalam pengakuannya, adik memang memiliki perasaan suka kepada cowok itu, namun lebih banyak bencinya. Yang sangat mengkhawatirkan saya adalah adik banyak diajak melakukan hal-hal yang negatif oleh cowok itu. Saya mencoba menyelidiki siapa cowok itu. Ternyata menurut cerita salah satu temannya yang saya temui, cowok itu memilki keahlian di bidang ilmu sulap dan hipnotis. Bagaimana Mas, saya ingin mengatasi masalah ini?
Wassalamualaikum...
(Dinda Alumni Training SEFT tinggal di Surabaya Selatan)

Waalaikum salam...
SEFTëR Dinda yang terhormat, memang apa yang Dinda ceritakan adalah masalah yang umum dalam psikologi. Namun, apabila diduga ada unsur supranatural dalam masalah ini, maka saya sarankan untuk diserahkan kepada ahlinya. Saya akan menganalisis masalah ini secara psikologis dan memberikan alternatif yang yang dapat Anda lakukan sebagai SEFTëR.
Secara teoretis cinta itu terbagi dua; cinta perasaan dan cinta keputusan. Cinta perasaan terjadi begitu saja dan tidak dapat dihindari. Sementara cinta keputusan adalah cinta yang sesuai dengan keputusan hatinya. Kedua jenis cinta itu dapat saling mempengaruhi. Orang yang memiliki “cinta perasaan” pada orang yang salah bisa mengambil keputusan untuk tidak mencintainya. Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki “cinta perasaan” pada pasangannya dapat menumbuhkannya dengan memutuskan untuk mencintainya.

Menurut saya, adik Anda telah mengalami cinta perasaan, dan karena ia telah mencintai orang yang salah maka yang perlu dilakukan adalah memutuskan untuk tidak mencintainya.
Cara yang dapat Anda lakukan sebagai SEFTëR untuk membantu si adik memutuskan tidak lagi mencintai cowok itu adalah: 1) Adik Anda harus dialihkan perhatiannya ke hal-hal lain, mungkin dengan kegiatan ekstrakurikuler, atau dengan kawan-kawan akrabnya. Karena sebuah kebiasaan hanya dapat dihilangkan dengan kebiasaan yang lain; 2) Suruh adik Anda untuk mengingat kejelekan atau keburukan cowok itu, atau membayangkan resiko negatif bila berdekatan dengannya. Dengan mengingat-ingat kejelekannya, akan lebih mudah menghilangkan perasaan cinta yang selama ini ada; 3) Dengan tapping (ketuk ringan) kepada si adik untuk membantunya menghilangkan emosi negatif yang sering timbul, baik ketika emosi itu datang ataupun tidak. Kemudian ajak si adik melakukan Deep SEFT untuk mewujudkan keinginan jauh dari pengaruh cowok tersebut dan untuk ketenangan diri. Karena di dalam Deep SEFT ada LoGOS relaxation.
Itu jawaban dari saya, semoga Allah memberikan jalan keluar yang terbaik.

Comments :

0 komentar to “Maestro Menjawab”

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda akan sangat membantu kami dalam mengembangkan web blog ini. Terimakasih

 

koleksi

koleksi

Redaksi

Ketua Pengarah: M. Arif Junaidi. Penanggungjawab: Syarif Thayib (Ketua Yayasan Al Madinah).
­Redaktur Ahli: dr. Muhammad Thohir, Sp.Kj., Ahmad Faiz Zainuddin, S.Psi, Masuki M. Astro, Siti Raudlatul Jannah, S.Ag . Pemimpin Umum: Izzuddin Al Anshary. Pemimpin Redaksi: M. Syafiq Syeirozi. Redaktur Pelaksana: A. Suud Fuadi. Dewan Redaksi: Helmi Jauhari, A. Fathul Hudi. Distributor: Syafi’uddin. Kontributor Edisi ini: Aura Azzahra. Desain/Layout: Abd. Rokhman
Alamat Redaksi: Grha Aitam, Jl. Bratang Binangun IX/25-27 Surabaya. Telepon/Faksimile: (031) 5019424 / 5022212. ­E-Mail: redaksimadinah@yahoo.com. Web Blog: majalah-madinah.blogspot.com